Monday, May 25, 2015

About The Hair

Rambut adalah bagian dari penampilan kita yang terkadang luput dari perhatian apabila kita sedang berbicara tentang kecantikan. Padahal tubuh kita kan terdiri dari satu paket ya termasuk si rambut itu tadi. Berapa orang sih dari kita yang suka meng-googling "Cara mencuci rambut yang baik dan benar"? Saya rasa tidak banyak, we take the hair for granted sometimes. Saya pribadi bukan orang yang terlahir dengan rambut tebal nan hitam dan cantik, rambut saya tipiiis dan helaiannya kecil kecil sekali.Sedari kecil diajari mencuci rambut ya begitu saja dibasahi, diberi shampoo, digaruk-garuk kulit kepalanya terus dibilas. Tapi sebenarnya bagaimanakah cara mencuci rambut yang baik dan benar?



Saya suka nonton program kecantikan Korea Get it Beauty di M Channel, pada program ini selalu dihadirkan ahli dan pakar kecantikan. I envy those Korean crystal clear skin, so every now and then if I stumbled upon the show on tv I always take my time to watch it.



Dalam satu episode yang kebetulan saya nonton dibahas mengenai masalah rambut, ternyata praktek mencuci rambut dan pemilihan shampoo yang selama 30 tahun saya jalani kurang tepat! Beberapa poin yang saya catat saat itu adalah

1. Gunakanlah shampoo yang berbeda untuk kulit kepala dan rambut.

Jadi sekali keramas dua shampo gitu? Iya begitulah idealnya. Pantas saya selalu bermasalah dengan shampo dan tidak pernah menemukan shampoo yang benar-benar ideal untuk rambut saya. Masalahnya adalah jika saya menggunakan shampo seperti Head and Shoulder yang baik untuk kulit kepala saya, maka rambut akan super kering dan tidak nyaman. Sementara jika saya memakai shampoo untuk perawatan rambut seperti contohnya Tre Semme atau L'oreal kulit kepala saya gatal dan timbul benjolan jerawat di kulit kepala. Ternyata jawabannya sesimpel menggunakan dua produk shampoo dalam satu kali pencucian rambut, terdengar ribet tapi kalau memiliki problem rambut dan pencarian shampoo tiada berujung saperti yang saya rasakan, mungkin tips ini worth to try.

2. Gunakan Conditioner hanya di ujung rambut saja.

Tips ini mungkin sudah banyak orang yang tahu, namun ada kalanya kita malas menggunakan conditioner karena *kalau saya* cape nyucinya, kadang susah sekali bersihnya. Namun ya jika ingin hasil maksimal, you've got to double the efforts! Usahakan menggunakan produk conditioner hanya pada ujung-ujung rambut saja karena kandungan minyak pada conditioner dapat menyebabkan timbulnya ketombe pada kulit kepala. Kan banyak shampoo yang sudah termasuk conditioner di dalamnya? kalau ini sih preferensi pribadi masing-masing saja ya jika memiliki problem yang dilematis seperti saya sebaiknya sih memakai shampoo dan conditioner yang terpisah.

3. Janganlah memilih shampoo karena wanginya saja

Semakin tidak beraroma produk kecantikan yang anda pilih, semakin baik karena kandungan zat kimia didalamnya setidaknya lebih sedikit. 

4. Sisirlah rambut sebelum keramas dan sebelum tidur.

5. Jangan gosok rambut terlalu keras ketika mengeringkan dengan handuk

Tekan-tekan dengan lembut rambut dan jangan digosok dengan keras, karena akan membuat rambut menjadi lebih rusak terutama pada rambut bercabang.

6. Keringkan rambut pada akarnya sehingga kulit kepala tidak lembab sehingga meminimalisir timbulnya ketombe.

7. Gunakan serum rambut agar rambut tampak berkilau.

Sebenarnya permasalan utama rambut saya selain pemilihan shampoo adalah rambut saya sangat rapuh dan mudah rontok. Baru-baru ini saya menemukan shampo yang agak lumayan cocok dengan kondisi rambut dan mengurangi setidaknya setengah kerontokan. Setelah saya terapkan tips-tips diatas ternyata lumayan membantu kondisi rambut saya. Hasil yang paling signifikan tentunya adalah ketombe sudah bersih, benjolan jerawat juga sudah tidak ada, serta rambut menjadi lebih mudah diatur.


No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 kalsveranda

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi